Apa Itu Antioksidan : Makanan, Buah dan Fungsi Antioksidan

Apa Itu Antioksidan : Makanan, Buah dan Fungsi AntioksidanMengkonsumsi makanan dan buah yang mengandung Antioksidan sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan pakar kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan Antioksidan setiap hari untuk menjaga kesehatan. Namun mungkin Anda belum mengetahui Apa itu Antioksidan ? Seperti apa sih fungsi Antioksidan bagi tubuh manusia ? Untuk mengetahuinya silahkan simak terus ulasannya berikut ini.

Pengertian Antioksidan

Antioksidan adalah suatu zat yang dapat mencegah serta memperlambat proses oksidasi. Antioksidan memiliki fungsi dalam memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan dikarenakan radikal bebas. Penyebab radikal bebas sendiri karena pola makan yang tidak baik, polusi, asap rokok dan lainnya.

Manfaat dan Fungsi Antioksidan


Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, banyak manfaat yang didapat saat kita mengkonsumsi makanan yang mengandung Antioksidan bagi kesehatan. Antioksidan juga mampu mengecilkan resiko terhadap kanker dan serangan jantung. Manfaat lainnya yaitu :

1. Mampu Mencegah Penuaan Dini,
Dengan Anda mengkonsumsi makanan atau buah yang banyak mengandung Antioksidan, maka Anda akan terhindar dari  penuaan dini karena Antioksidan mampu menguragi keriput pada kulit.

2. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh,
Vitamin yang terkandung dalam Antioksida seperti vitamin C akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda memiliki kekebalan tubuh yang kuat, maka akan terhindar pula dari berbagai penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Mata
Dengan Anda mengkonsumsi makanan atau buah yang banyak mengandung Antioksidan, maka Anda akan terhindar dari penyakit mata.

Buah dengan Antioksidan Tertingi dan Terbaik


Buah StroberiMengkonsumsi Antioksidan alami yang terdapat pada buah sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Buah merupakan salah satu dari sumber Antioksidan yang paling banyak, hampir semua buah memiliki kandungan Antioksidan yang baik untuk tubuh. Jadi Ada baikknya Anda mengkonsumsi buah setiap harinya.


Dari berbagai buah yang ada, berikut ini adalah buah dengan kandungan Antioksidan tertinggi.

1. Buah Stroberi
Buah Stroberi memiliki kandungan Antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan yang terkandung dapat melawan kolesterol serta Kanker.

2. Buah Plum
Buah Plum adalah sumber vitamin C yang moderat serta penghasil antioksidan alami yang kuat.

3. Buah Kiwi
Zat Antioksidan dalam buah kiwi juga tinggi. VItamin A dan Vitamin E adalah yang paling banyak terdangdung dalam buah Kiwi.

4. Buah Anggur
Buah Anggur kaya dengan antioksidan. Kandungan buah Anggur yaitu vitamin K, C, B1, B6, mangan serta kalium. Dengan mengkonsumsi buah Anggur, dapat mengurangi sembelit.

5. Buah Blueberry
Kandungan Antioksidan dalam buah Blueberry cukup tinggi. Dan juga terdapat berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan.

6. Buah Manggis
Buah manggis juga memiliki Antioksidan yang cukup tinggi. Buah manggis juga memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Seperti Xanthone.

Makanan dengan Antioksidan Tertinggi dan Terbaik


Makanan dengan Kandungan Antioksidan Tertinggi dan TerbaikSajian makanan dengan tinggi kandungan Antioksidan yang banyak bermanfaat untuk tubuh adalah makanan yang dibuat dari bahan-bahan alami yang mengandung vitamin Antioksidan.

Anda dapat membuat makanan yang lezat serta banyak mengandung vitamin. Contohnya seperti seperti makanan yang dibuat dari sayuran Asparagus atau Brokoli.

Berikut ini bahan untuk membuat makanan yang mengandung Antioksidan tinggi.

1. Sayuran degan Antioksidan Tertinggi

Seperti Brokoli, Kol, Bayam, Tomat, Wortel, Daun Bawang, dan Asparagus.

2. Kacang-kacangan dengan Antioksidan Tertinggi

Seperti kedelai, Almond, Polong, dan lainnya. Jenis Kacang dengan kandungan tertinggi yaitu Kacang Kenari.

3. Bumbu masakan dengan Antoksidan Tertinggi

Seperti : Kunyit, Bawang Putih, Bawang Merah, Cabai, Jahe dan Kayu Manis.

4. Biji-bijian dengan kandungan Antioksidan Tertinggi

Seperti : Beras Merah dan Gandum

5. Minyak dengan kandungan Antioksidan Tertinggi

Seperti : Minyak kenari, Minyak Nabati, dan Minyak Gandum


Antioksidan memang merupakan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun jangan hanya menjadikan Antioksidan sebagai sumber vitamin. Anda dapat mengkreasikan dengan sumber vitamin lainnya.

Berita Terkait Lainnya